Brand of Speedy
PT. Telekomunikasi Indonesia mempunyai produk baru dalam memanjakkan konsumennya dengan penyediaan teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscribe Line) yaitu suatu produk yang mampu meningkatkan kapasitas kabel telepon untuk dapat berkomunikasi melalui internet. Dengan brand/merek Speedy. Dilihat dari nama produk atau brand, “Speedy” dapat menciptakan sesuatu yang bernilai di masyarakat, karena dengan nama speedy mampu menggambarkan bahwa produk ini dengan mempunyai kecepatan aksesibilitas yang tinggi.
Berdasarkan teori mengenai brand terdapat 6 element pembentuk suatu brand, dalam hal ini produk ADSL Telkom ini mempunyai 6 element tersebut. Diantaranya dapat dilihat di dalam table berikut ini:
Brand Element |
Produk ADSL Telkom |
Brand Names |
Speedy |
Slogan |
Speed that you can trust |
Karakter |
kecepatan aksesibilitas internet yang tinggi dan cepat dibanding dengan para pesaingnya |
Simbol |
Gambar mouse computer yang terdapat gambar api, hal ini menunjukkan karakter Telkom Speedy yang cepat dalam mengakses internet |
Logo |
Tulisan Speedy seperti sedang berjalan dengan cepat |
URLs |
Tidak mudah dalam menciptakan brand/merek untuk sebuah produk. Merek harus bisa mempresentasikan secara keseluruhan produk yang akan ditawarkan. Dan Speedy menurut penulis adalah brand/merek yang tepat dalam memperesentasikan produknya tersebut.
Selain itu slogan yang dipilih speedy adalah “Speed That You Can Trust” didalam artikel dikatakan bahwa hanya Speedy yang dapat dipercaya pelanggan akan kemampuan pelayanannya. Memang benar dalam kecepatan akses internet, Speedy memang lebih cepat dibandinkan dengan produk pesaingnya.
Namun kecepatan akses internet ini berlaku disaat jam-jam tidak sibuk, di jam sibuk (peak-load) dimana semua orang pada jam tertentu menggunakan akses internet melalui Speedy maka terdapat penurunan jumlah kecepatan hal ini karena bandwidth yang digunakan sebesar 1 Mbps tersebut di-share/dibagi kepada jumlah pelanggan speedy. Maka terdapat permasalahan mengenai slogan yang diusung oleh Telkom Speedy, dalam beberapa forum dikatakan “Speed That You Can Trash” yang artinya kecepatan speedy dapat anda buang, maksdunya adalah pelanggan kecewa karena kecepata akses internet menggunakan Telkom speedy ini menjadi lambat, dan hanya cepat di waktu tertentu saja, selain itu logonya pun disindir bahwa logo mouse yang berapi itu menunjukkan kemarahan pelanggan terhadap Speedy karena koneksi internetnya melambat. Hal ini merupakan kekecewaan pelanggan terhadap speedy
Walaupun begitu, Speedy sudah menjadi suatu produk yang sudah tertanam di benak masyarakat Indonesia. Banyangkan ketika seseorang bertanya,”Apa nih internetnya?Speedy?” atau “di rumah ada Speedy gak?” inilah yang kesuksesan Telkom dengan produknya Telkom Speedy. Speedy sudah menjadi top of mind di masyrakat Indonesia mengenai Internet Service Provider.
Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar